Kick off Lusi Pusat Keunggulan Studi Mud Volcano di Dunia dan Indonesia

Dipersembahkan Oleh: Prof. Dr. Hardi Prasetyo

Waka Bapel BPLS, Inisiator Lusi Library 2010 dan  Simposium Internasional Lusi 2011

Menganugrahi Penghargaan Lusi Library 3 kepada Kontributor Utama dan 6 Srikandi Lusi

Slide13

Buku yang ditulis Dr. Ir.  Basuki Hadimuljono M.Mc (2008) “SEMBURAN LUMPUR PANAS SIDOARJO: Pelajaran dari Sebuah Bencana”.

Pada acara peluncuran dilaksanakan Juli 2008 di Bandung, saya telah diberi kehormatan sebagai Peninjau dan Pembedah Buku. Selanjunya  telah dirangkum menjadi “LUMPUR PANAS SIDOARJO: PERUBAHAN ANTAR WAKTU”.

Hal ini mencerminkan terjadinya Transisi Tanggungjawab dan Penanggulangan Bencana Kebumian Lusi dari Timnas PSLS ke BPLS.

Slide15

Foto 25 Agustus 2015, Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Lusi didampingi Menteri PUPR selaku Ketua DP BPLS  (Sebelumnya Dr. Basuki selaku Ketua Timnas PSLS), untuk menyaksikan secara langsung di lapangan Implementasi  dari “Dana Antisipasi 2015” sebagai Komitmen Pemerintah untuk menuntaskan Masalahan Mendasar Sosial Kemasyarakatan di dalam PAT. Ditampilkan perbandingan Struktur Organisasi BPLS dan Timnas PSLS.

IMG_0065

25 Agustus 2015, Menteri PUPR selaku Ketua DP BPLS dan mantan Ketua Pelaksana Timnas PSLS bersilaturahmi dengan Tokoh Masyarakat dari PAT.

Pada pertemuan informal Minggu 27 September,  dengan Dr. Ir. Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR selaku Ketua Dewan Pengarah BPLS, telah dilaporkan Tindak Lanjut Arahan Ketua DP BPLS 28 Desember 2014 di Gedung Kementrian Keuangan bahwa Lusi ke depan sebagai GeoPark. Diantaranya:

Pertama:

Tanggal 8 September 2015 dilanjutkan 15 September 2015 telah dilaksanakan Pertemuan Koordinasi antara Tim Badan Geologi dengan BPLS, Pemprov Jatim, Pengkab Sidoarjo yang pada dasarnya mendukung Lusi sebagai GeoPark.

Sesuai ketentuan (prosedur) maka perlu dibentuk Tim Percepatan Pengembangan GeoPark Lusi.

Kedua:

Tanggal 28 September 2015  di Jakarta dilakukan koordinasi dengan Dr. Junus (SAM ESDM) selaku satu dari tiga Ketua Tim Pokja GeoPark Nasional. Yang menentukan pengusulan suatu GeoPark di Indonesia.

Untuk menindaklanjuti Arah Kebijakan DP BPLS 28 Desember 2014 dan dua pertemuan di tingkat Daerah (Pemprov dan Pengkab).

Pada pertemuan dengan KETUA DP BPLS juga telah diaktualisasikan  arah ke depan, dimana sambil menggulirkan proses GeoPark Lusi, antara lain yang dapat segera dilakukan adalah:

Pertama: 

LUSI SEBAGAI PUSAT KEUNGGULAN STUDI MUD VOLCANO DI INDONESIA DAN DUNIA,

Kedua:

Menyiapkan situs GEYSER LUSI MUD VOLCANO SEBAGAI TUJUAN WISATA KELAS DUNIAnDAN WISATA BAHARI KE PULAU LUMPUR YANG TELAH MEMENUHI PERSYARATAN SEBAGAI KERAGAMAN HAYATI WANA-MINA MENDUKUNG GEOPARK LUSI (Tim GeoPark KESDM)

Pada Kesempatan Pertemuan dengan Ka DP BPLS tersebut juga dilaporkan, aspek wujud nyata LUSI MENDAPATKAN PERHATIAN DARI MASYARAKAT INTERNASIONAL.

refleksi 2010-4

Diskusi dengan Tim rusia di Moscow, even From Russian With Lusi (2010).

Tahun 2010 telah digulirkan even “FROM RUSSIAN WITH LUSI”, kunjungan ke Rusia untuk mendiskusikan dengan para ahli mud volcano Rusia.

Hal penting mendapatkan Naskah Laporan Hasil Kajian Tim Rusia dipimpin DR. Kadurin, dan mencermati adanyanya saran, usulan serta Peringatan Dini yang ditujukan kepada Pemerintah Indonesia.

Sebagai Isu Aktual adalah Tim Rusia berdasarkan Kajian dengan teknologi GIS 3-d menggunakan data seismik refleksi 2-d telah menemukan 2 tubuh struktur mud diapir disebutnya sebagai “mud structure” selain Lusi.

Disebutnya struktur lumpur tersebut bila dipicu gempabumi yang cukup memadai bisa berkembang menjadi semburan mud volcano seperti halnya Lusi.

Hal ini juga sejalan dengan arahan Ka DP BPLS ke depan dilanjutkan dengan kegiatan untuk memperjelas terkait Anatomi dan Pengendali Mekanisme Semburan Lusi mud volcano. Dengan meningkatkan kekuatan dan potensi nasional.

Selama ini kegiatan berdimensi regional dan kerincian yang mendalam, masih didominasi oleh Institusi dari Luar Negeri. Juga karena ada kendala aspek psikologi.

Salah satu contoh aktual. Tahun 2011 Badan Geologi KESDM telah mendapatkan dana APBN untuk melaksanakan pengembilan data Geofisika Baru terutama dengan metoda Penampang seismik refleksi 3-d.

Namun saat akan dilaksanakan, mendapatkan kendala karena penolakan dari Warga PAT dan Luar PAT.

Disamping itu fakta terjadinya Jebolan Tanggul P68 sepanjang 300m dan kerawanan tanggul-tanggul di P81 juga menjadi perhatian terhadap kemampuannya menahan adanya gelombang seismik ditimbulkan oleh Energi untuk membangkitkan gelombang Seismik untuk mendapatkan Penampang Seismik Refleksi.

Usulan Sistem Pemantauan Poligon dari Tim Rusia tidak dapat diimplementasikan karena belum tersedia anggaran (Pending).

HAL YANG PERLU MENDAPATKAN PERHATIAN BERSAMA

PERTAMA: 

Sebagai suatu persyaratan mendasar (basic criteria) untuk pengusulan Lusi mud volcano sebagai suatu GeoPark adalah adanya Pengakuan pada level internasional  terhadap fenomena semburan Lusi (Lusi Internationally a well known).

11230678_820612368056095_7569365552235960441_o

Dutabesar Kerajaan Inggris, mengunjungi Semburan Lusi mud volcano berdiri di sisi Tanggul Cincin.

KEDUA: 

Contoh Temuan dua tubuh struktur Lumpur dari  para ahli kebumian Rusia disertai dengan peringatan dini kepada Pemerintah Indonesia, sebagai contoh aktual PERHATIAN BAHWA KEPEDULIAN DARI PAKAR KEBUMIAN DAN PEMERINTAH RUSIA terhadap Potensi berkembangnya Bencana Baru ditimbulkan oleh semburan mud volcano seperti Lusi.

refleksi 2010-5

Model 3-d Temuan 2 mud volcano dan Lusi mud volcano simulasi YouTube dipresentasikan Tim Rusia Pada Simposium Internasional Lusi.

Tim Ahli Rusia telahapat  merekomendasikan agar Pemerintah Indonesia dmelakukan evakuasi dari lokasi temuan dua tubuh mud diapir tersebut (kebetulan hal ini selaras dengan penanganan Luar PAT).

Tim Rusia terdiri dari Ahli Kebumian dan Ahli Perminyakan mengusulkan suatu sistem Pemantauan POLIGON, yang intinya dapat mendeteksi dinamika aspek tekanan overpressure dari sumber lumpur di bawah Lusi mud volcano.

KETIGA: 

Kegiatan Penyelidikan Kebumian yang dilaksanakan oleh pihak Institusi di Indonesia (seperti tahun 2011 sebagai mandat nasional ke Badan Geologi KESDM yang tidak dapat dilaksanakan karena masalah sosial) ke depan yang ditujukan untuk memperjelas Apa di bawah Lusi sebenarnya atau Bagaimana Anatomi dan pengendali mekanisme semburan Lusi mud volcano. Juga perlu untuk mengklarifikasikan termuan dan peringatan dini dari Tim ahli mud volcano Rusia.

INDIKATOR FENOMENA SEMBURAN LUSI MUD VOLCANO MENDAPATKAN PERHATIAN ATAU DIKENAL OLEH KALANGAN INTERNASIONAL, YANG AKAN DISELESAIKAN PADA SATU ATAU DUA MINGGU KE DEPAN:

@ Diskusi Ilmiah Lusi tingkat Internasional di Luar Negeri:

#Debat Lusi diforum AAPG Cape Town Afrika Selatan (2008);

#Forum Preview Film Dokumenter Mud Max Lusi di Arizona State University (USA) 2009,    Museum Sydney, Australia (2010);

# Publikasi Ilmiah, Edisi Khusus (Special edition) Lusi mud volcano, di Majalah Marine Petroleum Geology Edisi tahun 2009;

# From Russian With Lusi: Moscow, Saint Petersburg, Singapura, Jakarta (2010);

# Simposium Internasional LUSI 2011, BPLS-HSF, menghasilkan Makalah Ilmiah dengan fokus untuk melihat ke depan dan mencari solusi yang holistik;

# Ceramah Tunggal Dr. Shilston selaku Ketua Geological Society London (GSL), Januari 2014 berjudul LUSI: GEOLOGY AND ENGGINERING OF THE MUD VOLCANO DISASTER IN INDONESIA.

22509_761402750643724_4578700220802921037_n

Pada Acara di BPLS Juli 2015, saya membuat kejutan karena Ketika Rombongan ATKIN suatu perusahaan Konsultan kebencanaan berkedudukan di London mengadakan pertemuan dengan BPLS. Mereka tidak menduga saya telah tuntas melakukan Kajian terhadap 3 Hasil Kajian ATKIN terkait deformasi Lusi yang telah dipublikasikan.

Yang paling mengejutkan karena saya telah berhasil menyusun paper 50 halaman berjudul “MENGIKUTI SEMINAR IMAJINER. CERAMAH ILMIAH DR. SHILSTON, KETUA GSL DAN DIREKTUR ATKINS INTERNASIONAL DENGAN JUDUL

LUSI: GEOLOGI DAN KETEKNIKAN DARI BENCANA MUD VOLCANO DI INDONESIA”. 

Pada akhir acara saya TELAH persilahkan Tim ATKIN memberikan komentar  yaitu “hanya satu kata Spektakuler sudah memadai pemaknaan 3 Paper” yang sebelumnya telah saya presentasikan.

@ LUSI menghasilkan Doktor-Master-Sarjana Lusi di dalam dan Luar Negeri

Dr. Andreas di ITB di bawah bimbingan Prof. Dr. Abidin

Dr. Lupi (Jerman), Dr. Rudolph (USA) dengan Tema Disertasi Mud volcano Lusi

4 Kandidat Doktor dengan tema Lusi mud volcano di ITS dan UNPAD.

@ Publikasi Ilmiah dan Umum pada berbagai forum dengan judul Lusi, yang telah dihimpun pada LUSI LIBRARY: KNOWLEDGE MANAGEMANT

@ Makalah Utama dan Pendukung terkait Lusi yang telah diterbitkan:

Telah ditinjau dialihbahasakan ke bahasa Indonesia oleh Profesor. Hardi Prasetyo, sebagai suatu kontribusi untuk publik.

Selanjutnya telah ditempatkan di Blog, WebSite Lusi Library dimana telah berperan sebagai Cikal Bakal Museum Virtual LUSI GEOPARK.

SEMUA MATERIAL DI ATAS AKAN DIRANGKAI DENGAN ALTERNATIF TEMA/JUDUL:

“MERAJUT PERHATIAN DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT INTERNASIONAL TERHADAP FENOMENA LUSI: SEBAGAI FAKTA DAN TESTIMONI LUSI TELAH MENJADI PUSAT UNGGULAN STUDI MUD VOLCANO DI DUNIA DAN INDONESIA”

Mulai dari Mimpi Indah!

LANGKAH NYATA:

LUSI SEBAGAI PUSAT UNGGULAN STUDI MUD VOLCANO DI DUNIA DAN INDONESIA

Rencana 9 Oktober 2015 Diskusi dan Kegiatan Lapangan dari Fakultas Kebumian ITB dibawah pimpinan Prof. Dr. Hasanuddin Abidin  dan pekerjaan lapangan di bawah koordinasi Dr. Heri Andreas, termasuk Mahasiswa Geomatika ITB.

Contoh Koleksi Lusi Library: Makalah Ilmiah Abidin 2008

Dipilih mengingat Penulis Prof. Dr. Hazanuddin Abidin disebut Profesor LUSI karena salah satu Bab Pada Orasi Profesor tentang Lusi.

Profesor Dr. Abidin juga telah membimbing Dr. Hery Andreas dengan Judul Deformasi dan Pembentukan Kaldera di Lusi.

Penurunan dan Pengangkatan Sidoarjo (Jawa Timur): sebagai hasil semburan mud volcano Lusi (2006-Sekarang)

Subsidence and uplift of Sidoarjo (East Java) Due to the eruption of the Lusi mud volcano (2006–present)Z. Abidin., M. A. Kusuma H,. Andreas.J. Davies, Deguchi School, Springer-Verlag 2008

Slide16

Model Deformasi Lateral dan Vertikal di Lusi

Slide14

Tiga Elip Pelangi InSAR ditafsirkan sebagai dua subsidence (Lusi dan Wunut) dan uplift (timur Lusi).

Slide8

Lokasi Penampang XX1 memotong timurlaut Lusi

Slide5

Pemanfaatan Penafsiran Deformasi untuk berbagai kepentingan

Slide4

Lokasi Lusi mud volcano dan fenomena mud diapir lainnya

COVER: Model deformasi Lusi mud volcano

COVER: Model deformasi Lusi mud volcano

Iklan

Satu Tanggapan to “Kick off Lusi Pusat Keunggulan Studi Mud Volcano di Dunia dan Indonesia”

  1. hardiprasetyolusi Says:

    Pasca arahan Menteri PUPR selaku Ketua DP BPLS 27 September 2015 terkait GeoPark dan aktualisasi LUSI SEBAGAI PUSAT KEUNGGULAN STUDI MUD VOLCANO DI DUNIA DAN INDONESIA MAKA selanjutnya dipersiapkan Langkah Strategis Pengakuan secara Defacto dan Berlandasan Ketentuan yang berlaku.

    DIGULIRKAN :
    Kick off Lusi Pusat Keunggulan Studi Mud Volcano di Dunia dan Indonesia

    Dipersembahkan Oleh: Prof. Dr. Hardi Prasetyo

    “MERAJUT PERHATIAN DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT INTERNASIONAL TERHADAP FENOMENA LUSI: SEBAGAI FAKTA DAN TESTIMONI LUSI TELAH MENJADI PUSAT UNGGULAN STUDI MUD VOLCANO DI DUNIA DAN INDONESIA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s