ARTIS SUSAN NORIE ATAS REKOMENDASI PROF. DR. MARK TINGAY DARI ADELAIDE UNIVERSITY, MENGUNJUNGI LUSI

LUSI MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS DARI PUBLIK DI DUNIA

Slide13

ARTIS SUSAN NORIE ATAS REKOMENDASI PROF. DR. MARK TINGAY DARI ADELAIDE UNIVERSITY, MENGUNJUNGI LUSI UNTUK MEMBUAT VIDEO TERKAIT LUSI SAAT INI DAN PERSPEKTIF KE DEPAN SEBAGAI SUATU GEOPARK.

Pasca diselenggarakannya Simposium Internasional Ilmiah Lusi 25-26 Mei 2011 di Lusi dan Surabaya telah dibangun suatu Lusi Research Network (LRN), atas prakarsa dari Prof. Dr. Richard Davies dari Durham University.

Menggunakan LRN Susan Norrie menjadi tamu BPLS, dimana kedatangannya akan digunakan sebagai momentum untuk kick off LUSI TUJUAN WISATA DUNIA 2016.

Kick off Lusi GeoPark tingkat regional Jatim telah dilaksanakan 15 September 2015, dengan arahan Ketua DP BPLS 28 Desember 2014.

Kick off Lusi sebagai Pusat Unggulan Studi Mud volcano di dunia dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2015 atas kerjasama dengan Fakultal Ilmu Kebumian ITB,

dilanjutkan 10 Oktober Kunjungan Prof. Abidin dan semakin dikukuhkan dimana pada tanggal 31 Oktober 2015 kami memberikan Ceramah Umum (Studium Genarale) untuk Mahasiswa ITB.

Kick off Pemanfatan Lumpur untuk berbagai kepentingan direncanakan bekerjasama dengan Badan Geologi yang rencanya akan mengirimkan Tim GeoHealth, mengeksplorasi kandungan Lusi untuk pemanfaatan pada Mud Spa, garam kesehatan, potensi Yodium untuk Farmasi.

Slide1

Susan berfoto di Kantor BPLS sebelum ke Lapangan LUSI

Slide2

Sebelum ke lapangan lebih dahulu mencoba makan siang di Pujasera Cangkul, karena mempunyai histori terkait Lusi, lokasi di komplek eks pengungsi Lusi RenoJoyo, dimiliki dan dikelola oleh mantan pengungsi Lusi yaitu Keluarga Pak Pitando (Karyawan BPLS).

Slide4

Di Dome Lusi disampaikan dibangun tahun 2011 untuk dilaksanakannya Simposium Internasional Ilmiah Lusi 25-25 Mei , sebagai salah satu pendekatan Paradigma Baru Penanggulangan Lusi dari kontroversi menuju mencari solusi yang holistik. Dome sarana pendukungnya oleh Kepala Bapel BPLS Sunarso (almarhum)  didedikasikan untuk mendukung kegiatan riset/penelitian Lusi, karena itu akan dipertimbangkan memberikan nama alternatif “Dome Sunarso”.

Slide5

Tiga Srikandi berpose di Kaldera Glagah dengan latar belakang semburan Lusi dan gunung magmatik

Slide6

Saya diminta ikut menemani berfoto dengan Tiga Srikandi

Slide8

Slide9

Saya menunjukkan contoh yang kongrit pemanfaatan aliran air panas Lusi untuk rekreasi dan kesehatan, seperti air panas di Ciateur Jawa Barat.

Slide11 Slide12

Ngobrol santai di lapangan lebih efektif menjelaskan berbagai fenomena Lusi. Kita berdiri pada bongkah lumpur padu, hasil pengerukan ekskavator Ponton.

Slide14

Jalan di Gunung Lusi walaupun sudah padat, harus hati-hati bila ada jebakan gryphons atau Salsa

Slide15

Panorama yang luar biasa, bila dilihat dari arah timur laut, bisa menumpang susunkan antara semburan geyser Lusi ganda dengan gunung magmatik Penanggungan dan Werlirang, dan aliran air hangat mengalir cukup deras.

Slide16

Kemarin saya melakukan Test Pilot membawa Hunter-1 pertama kalinya masuk ke  pintu masuk “Susan” di Kisdam P83. Tadi pagi benar-benar membawa 3 Srikandi.

Slide20 Slide21 Slide22

Bervariasi Gryphon yang diketemukan sepintas pada jalur di Zona Kaldera Glagah

Slide23

MEMBUAT KEJUTAN, sebelum mengakhiri kegiatan di Lusi teman-teman Pos Pantau telah menyiapkan Fiber Boat di Pond Glagaharum. Hunter-1 berhenti di sana, dan Ditemani Chandra saya menjadi Pilot membawa Susan dan Weny. Komentarnya Tidak masuk akal akan naik perahu motor di Gunung Lusi.

Akhirnya kembali ke Surabaya melalui jalur Kedungbendo-ketapang, dalam perjalanan mampir untuk melihat hal menarik yaitu sisa bangunan puskesmas yang telah digenangi air di Pond Kedungbendo. Saya mengatakan ketinggian air dengan tanggul 60 cm seluruhnya dari sumber Lusi mud volcano, bila terjadi hujan ekstrim Zona timur Kedungbendo menjadi titik rawan.

Slide24

Gambar memori saat menjelajah Jebolan Tanggul P73

Slide25 Slide26

Semburan Dahsyat Geyser Lusi dapat direkam dari zona Reno Utara, karena jaraknya relatif dekat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s