SEMBURAN LUSI 8 TAHUN DARI PERJALANAN SERIBU TAHUN?

Kapeta Selekta Isu aktual: ULANG TAHUN LUSI 8 TAHUN

Jadi kita baru pada posisi 8 tahun, dari suatu semburan yang dapat berumur seribu tahun.

Lusi’s 8th birthday, May 28, 2014/  Matt Hall

Ditinjau Oleh Prof. Dr. Hardi Prasetyo

Dalam Rangka

TESTIMONI

LUSI PUSAT UNGGULAN STUDI MUD VOLCANO DI DUNIA

ISU AKTUAL

Semburan Geyser Lusi baru 8 Tahun dari Perjalanan Ribuan tahun  (Thousands of years)

Pada Usia Lusi 8 Tahun salah satu paper Hall (2014)  masih mengangkat hasil perhitungan lama semburan Lusi dari Davies (2011) menghasilkan angka 26 tahun.

Memberikan skenario terburuk dari amblesan Lusi pada skenario terburuk total 95-495m. 

Hal ini berdasarkan hasil studi Abidin (2008) yang saya sebut sebagai “the worst scenario” dimana intensitas amblesan antara 1-4cm/hari.

Sehingga bila 8 tahun, dengan perhitungannya sederhana 8tahun X 360 hari X 4cm/hari = 495 m. 

Namun, hasil penyelidikan terbaru Andreas (2010, 2011) dan Rudolph (2013), telah merubah babyangan skenario terburuk tersebut menjadi kasus skenario yang terbaik.

Dimana intensitas amblesan telah berkurang, secara drastis menjadi cm/dm per tahun, dan memperlihatkan pola penurunan peluruhan eksponensial (exponential decay).

Pada akhir tulisan disampaikan suatu pesan bahwa Lusi pada intensitas semburan yang kecil (tahap Dormant) DAPAT menyembur bisa ribuan tahun. 

Hal ini relavan dengan hasil studi tekanan pori awal dari Tingay 2015, yang menyatakan semburan Lusi akan lebih lama dari pada perhitungan sebelumnya.

Dihasilkan dengan metoda reservoir lumpur overpressure di Formasi Kalibeng Atas (Istadi 2009)  23-35 tahun atau reservoir air di batugamping Formasi Prupuh yaitu 26 tahun (Davies) pada makalah ini. Namun pada flowrate yang sudah menurun drastis (10-20.000m3/hari).

Hal ini bisa kita analogikan dengan penampilan semburan mud volcano Bleduk Kuwu, yang sangat ideal memperlihatkan bagaimana suatu mud volcano yang mempunyai hubungan dengan volkanik telah memasuki tahap “dormant”. Dimana postur semburan mud volcano dengan mud kick, namun tidak ada aliran lumpur yang signifikan.

2016-lusi8-0

Perbandingan Cakupan Lusi di PAT Juni 2006 dan Desember 2013

2018lusi8th-1

 Penampang Seismik Refleksi di bawah Lusi dan penafsiran sumber lumpur di Formasi Kalibeng dan Sumber air di Formasi Batugamping terumbu Prupuh (Davies 2012). Perhitungan panjang umur semburan Lusi 26 Tahun berdasarkan volume air dibagi dengan flowrate 10.000m3/hari (2011).

 8 Tahun dari Perjalanan Ribuan tahun  (Thousands of years)

Kebencanaan Lusi bergerak dengan lambat:

Semburan Lusi mud volcano merupakan suatu fenomena yang luar biasa, dimana suatu Bencana Geologi yang bergerak dengan lambat yang dapat diikuti prosesnya.

Mulai dari saat awal lahir, selanjutnya berkembang luar biasa menjadi semburan liar yang merusak, sampai saat ini berada pada tahap peralihan dari semburan dahsyat merusak (~100.000m3/hari) menjadi semburan yang lebih terkendali pada intensitas ~ 20.000m3/hari. Namun masif berfluktuasi dengan pulsa semburan besar, tercatat pada bulan-bulan Oktober-November.

Pada tulisan ini (Mat Hall 2015) menyatakan dimana air panas berasal dari karbonat Miosen, selanjutnya memobilisasi lumpur vulkanik dari batulumpur berumur Pleistosen mudstones.

Panjang umur semburan Lusi bisa 26 tahun:

Davies (2011) berdasarkan perhitungan air di reservoir Batu Gamping Fromasi Prupuh memperkirakan bahwa semburan utama bisa berlangsung 26 tahun.

Komentar hasil Perhitungan panjang umur Semburan Lainnya:

Hasil pemodelan berdasarkan Deformasi Amblesan (GPS dan INSAR) yang dihasilkan akhir-akhir ini (Andreas, Rudolph, Aoki dan Shilston) mengusulkan semburan Lusi mud volcano akan berhenti lebih cepat dibandingkan dengan perhitungan metoda konvensional, yaitu menghitung volume lumpur atau air dibagi kecepatan semburan.

Dimana plot deformasi amblesan versus waktu memperlihatkan pola peluruhan eksponensial (exponential decay), dan tahun 2018 diperkirakan semburan sebesar 1000m3/hari atau 1/10 dari tingkat 10.000m3/hari pada tahun 2013.

Implikasi perhitungan umur semburan 26 tahun pada total amblesan 95-475 meter

Namun, menggunakan perhitungan panjang umur semburan selama ini (26 tahun), dengan menggunakan angka amblesan dari Abidin 1-4cm/hari (skenario terburuk),  maka total amblesan sebesar antara 95-475 m.

Dan pertanyaan bagaimana bila berlangsung dalam jangka yang lebih panjang lagi?

Lusi akan mengalir pada kecepatan rendah sampai Ribuan Tahun

Dengan menganalogikan dengan beberapa gunung lumpur alami (natural mud volcano) lainnya yang telah mengalami fase dormant, dapat diperkirakan semburan Lusi akan terus terus mengalir pada tingkat yang lebih rendah selama ribuan tahun. – Davies et al. (2011).  

Hal ini relavan dengan hasil perhitungan dari Tingay (2015) berdasarkan studi tekanan pori awal (initial pore pressure) sebelum terjadinya semburan Lusi, disimpulkan bahwa tekanan pori awal lebih besar, sehingga perhitungan baik sumber lumpur Kalibeng Atas maupun air di Formasi Prupuh menghasilkan lebih banyak.

Jadi kita baru pada posisi 8 tahun SAAT INI 10 TAHUN, dari suatu semburan mud volcano yang dapat berumur seribu tahun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s