MENYAPA PARA KONTRIBUTOR UNTUK GEOPARK LUSI

MENYAPA PARA KONTRIBUTOR UNTUK GEOPARK LUSI

Dikontribusikan Oleh:

Prof. Dr. Hardi Prasetyo

Plt. Kepala BPLS

Sebagai salah satu inisiator Menuju GeoPark LUSI

Selamat Pagi Bapak Ir Heryadi Rahmat, dan Indra Badri di Badan Geologi, KESDM.

Bersyukur bulan lalu, saya selaku Plt Kepala BPLS telah menandatangani MoU dengan Kepala Badan Geologi KESDM, di Bandung.

Pada kesempatan tersebut seperti biasanya, saya telah menyerahkan karya tulisan format Buku Elektronis (Ebook) “KONTRIBUSI KEMENTRIAN ESDM, (TERMASUK BADAN GEOLOGI), PADA MISI NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA KEBUMIAN LUSI”.

Sebagai Testimoni, suatu kontribusi bermakna KESDM-Badan Geologi, dari tahun 2007 sampai Tahun 2016, diantaranya:

2007 Badan Geologi telah berkontribusi aspek GeoHazard untuk Relokasi Trase Infrastruktur berada di sebelah barat dari PAT Lusi, yang awalnya dirancang oleh Timnas PSLS (2006).

Mengingat saat itu  intensitas Deformasi amblesan, meningkat sehingga perlu dilakukan Aktualisasi menghasilkan trase lintasan baru dimana saat ini telah dibangun Jalan Arteri dan Desember ini mulai kontruksi Jalan Tol Ruas Porong-Gempol.

Tahun 2008 Bedan Geologi menyampaikan hasil temuan penyelidikan Anatomi Lusi yaitu yang signifikan identifikasi dari Deutorium, Helium dan umur air formasi Lusi berumur 50.000 tahun.

Temuan ini memberikan landasan bagi pengembangan konsep bahwa Lusi mempunyai hubungan mesra dengan keberadaan gunung magmatik di busur depan (forearc) di sebelah selatannya.

Sedangkan fluida mengindikasikan berasal dari sumber dangkal dan sumber dalam.

Jadi terbangun pemaknaan, Lusi bukan sebagai suatu mud volcano yang umum (type mud volcano), karena Lusi sebagai mud volcano yang khusus (Atype mud volcano) merefleksikan induk sediman dari suatu sistem hidrotermal yang dalam.

2011, Badan Geologi sebagai pionir untuk penyelidikan Seismik 3-d di Lusi, walaupun pelaksanaannya dibatalkan karena aspek non-teknik.

Rencana ini ditentukan Agustus 2010 dari Hasil even Saresehan Nasional Lusi diselenggarakan oleh Badan Geologi di Jakarta.

Pada even tersebut saya diberi kehormatan untuk memimpin Sidang yang berlangsung sangat dinamis, terkadang suasana agak “panas” namun saya upayakan agar menjadi “sejuk” kembali.

Tahun 2012 Ka Badan Geologi terlibat sebagai saksi ahli aspek Kebumian pada Uji Materi UU APBN 2012, terkait dengan alokasi dana untuk BPLS.

Kebetulan saya ditunjuk oleh Kementrian Keuangan dan Kementrian KumHam selaku focal point Pemerintah untuk Uji Materi UU APBN di MK, untuk mengkoordinasikan suatu Tim Ahli aspek Kebumian dari Pemerintah.

Puncaknya tahun 2012, Ka Badan Geologi atas amanat Perpres 11/2011 telah memimpin suatu Tim Terpadu untuk melakukan kajian Wilayah Tidak Aman di luar PAT, sebagai dasar dikeluarkannya Perpres 37/2012 lanjut 33/2013.

Kemarin Malam (Kamis 17/11/2016 Jam 2000-2200 Wib) bersama Sesba dan Depsos gelah dilakukan pembicaraan informal dengan Stakeholder Lusi dari Jakarta, untuk mengoptimalkan “Dana Antisipasi 2016”, sebagai kelanjutan rapat Maraton paginya dari Jam 0900-1500.

Juga pada Slaturahmi tersebut telah dimanfaatkan untuk pembahasan terkait langkah ke depan GeoPark Lusi dan juga rencana Peresmian Museum Lusi sebagai bagian dari Pusat Informasi GeoPark Lusi.

Sudah dijajaki kontributor dari stakeholder untuk Museum Lusi.

Disamping itu dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pendalaman dan Pemaknaan GeoPark Lusi dengan mengundang NaraSumber GeoPark Nasional (Dr. Jun Junus dan Oman Abdurahman) dan Sukses Stori GeoPark Rinjani (Heryadi) dan GeoPark Ciletuh (Prof. Dr. Mega – UNPAD).

Selanjutnya sesuai peta perjalanan yang disarankan oleh Tim Satgas GeoPark Nasional, akan memasuki Skema Tim Percepatan GeoPark Lusi.

Sejarah GeoPark LUSI,

Awal Menggelontorkan GeoPark Lusi, 2010:

Pada Seminar Kebencanaan yang dilaksanakan Maret 2010 oleh Fakultas Teknis Sipil, UGM di Yogyakarta, sy diberi kehormatan sebagai salah satu “Narasumber” dengan mengkontribusikan makalah dan presentasi “PARADIGMA BARU PENANGGULANAN LUSI DARI KONTROVERSI KE SOLUSI DARI BENCANA KE MANFAAT”.

Pada aspek Pengendali Mekanisme Bencana Lusi, telah dideklarasikan adanya perubahan mendasar pada Perilaku Semburan, dimana intensitas semburan telah menurun pada level sekitar 25.000 m3/hari yang sebelumnya 100.000m3/hari.

Postur semburan telah permanen menjadi semburan bersiklus Geyser Lusi, yang dapat dianalogikan dengan Geyser Yellow Stone National Park di USA.

Sementara itu intensitas deformasi ambesan telah menunjukkan penurunan secara peluruhan eksponensial, bila sebelumnya 4/cm/hari (2006-2007) menjadi beberapa cm/tahun.

Pada bagian akhir telah disampaikan pemikiran ke depan disampaikan Lusi dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, dan Semburan Geyser Lusi sebagai Keanehan Dunia (The World Wonder) diusulkan sebagai GeoPark.

Perjalanan Lusi  sampai Saat ini

12 Nov 2015. Saya telah mempresentasikan Paper atas pilihan judul dari Tim Satgas GeoPark Nasional yaitu “Geoheritage Lusi untuk Pengembangan GeoPark Lusi”, seperti suatu ujian, pada penutupan acara telah dinilai Ketua Tim Satgas GeoPark Nasional, Hasil Lulus. Seehingga pada tahun 2016 telah diberi surat rekomendasi saya selaku Plt. Kepala BPLS untuk maju ke tahap selanjutnya, antara lain menggulirkan Tim Percepatan Pengembangan GeoPark Lusi.

Terimakasih disampaikan  kepada Pak Heryadi Rachmat dan Oman Abdurahman, sehingga pada 25 Mei 2016, saya bisa hadir sebagai peserta pada even  Seminar Nasional Pertama GeoPark, dan pada Sesi Diskusi telah diberi waktu untuk memperkanalkan Kandidat GeoPark Lusi, dimana saya tekankan dengan sasaran paling lama 2019.

Tim GeoPark Badan Geologi KESDM, antara lain Andiani Djarwoto Andiani, Indra Badri, Heryadi Rachmat telah sejak 2011 mendukung tahap demi tahap, melalui proses bottom up untuk inisiasi dukungan Lusi sebagai Geopark. Tahun 2011 saya selaku Waka BPLS dan inisiator Lusi Library, telah memberikan penghargaan “Srikandi Lusi No. 1” kepada Ir. Andiani.

September 2015, Pertemuan “Wisata Lusi menuju GeoPark’ di fasilitasi oleh Badan Geologi dan dilaksanakan di Dinas ESDM Pemprov Jatim.

Pada Notulen Rapat telah menelorkan suatu Kesepakatan dimana pihak Pemkab Sidoarjo, Pemprov Jatim, didukung BPLS dan Badan Geologi, Lusi sebagai GeoPark dan selanjutnya disarankan untuk segera diggulirkan Tim Percepatan.

29 Agustus 2016, Bappeda Pemkab Sidoarjo telah memfasilitasikan suatu Pertemuan untuk optimaliasi Lusi sebagai Kunjungan Wisata.

Dimana pada pertemuant tersebut, saya selaku Plt. Kepala BPLS telah diberi kehormatan sebagai Pemakalah Utama, sebagai suatu Makalah Utama perjalaan GEOPARK LUSI paling lama 2019, dengan strategi Mengedepankan GeoWisata Geyser Lusi dan Wisata Hijau Pulau Lumpur.

Pada forum tersebut, disepakati untuk mensinergikan Dinas Pariwisata dengan BPLS, selanjutnya telah dilakukan Pertemuan pertama.

Terakhir Oktober 2016, pada Presentasi BPLS di Kementrian PUPR juga telah disampaikan Pandangan ke depan, Lusi sebagai suatu GeoPark.

Demikian juga pada kesempatan pembahasan Dana Antisipasi 2016 di Kementrian Keuangan, dua hari lalu (15 Nov. 2016), telah disampaikan pokok-pokok pemikiran dan Grand Design menuju Peta Perjalangan GeoPark Lusi 2019.

Bola Salju Semakin Padu, Impian tahap demi tahap mulai terlihat.

Dengan Modal Semangat dan Kerja Gotong Royong.

LAMPIRAN Rangkaian Foto Terbaru:

Hasil Terrestrial Laser Scanner menampilkan semburan dua dan Dome Lusi. Langkah awal yang mulus untuk Even Gebyar TLS Drone 2017.

Iklan

Satu Tanggapan to “MENYAPA PARA KONTRIBUTOR UNTUK GEOPARK LUSI”

  1. hardiprasetyolusi Says:

    SERI MENDINAMISASIKAN DAN SOSIALISASI KEPADA PARA PEMANGKU LUSI, SUATU PANDANGAN KE DEPAN (WHAT NEXT LUSI), MERUPAKAN SUATU PARADIGMA DARI PENANGGULANGAN MENJADI PENGENDALIAN MISI NASIONAL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s