Prasetyo, POLA STRUKTUR TEPIAN UTARA PAPARAN SAHUL (ZONA A CELAH TIMOR),

POLA STRUKTUR TEPIAN UTARA PAPARAN SAHUL (ZONA A CELAH TIMOR), BERDASARKAN SEISMIK REFLEKSI DALAM (DEEP SEISMIC PROFILE) TST-93 & BIRPS-92: IMPLIKASI TERHADAP PROSPEK HIDROKARBON

Hardi Prasetyo

S A R I

Zona Kerjasama Celah Timor terletak di baratlaut dari sistem tepian benua Australia, menempati suatu morfo-tektonik diantara Sub-Cekungan Petrel (di selatan) dan Komplek Akrasi Timor (di utara).

Selama tiga tahun belakangan ini, khususnya di Zona A Celah Timor telah menjadi kawasan yang paling aktif dieksplorasi dibandingkan dengan wilayah di Laut Timor lainnya.

Secara umum, kawasan ini mempunyai struktur yang relatif komplek, terdiri dari sub-cekungan (palung) dan tinggian (platform) disusun oleh batuan sedimen berumur Paleozoik, Mesozoik, dan Kenozoik.

Elemen struktur Sahul Platform sebagai penyusun utama dari Zona A Celah Timor, sejak zaman Jura Atas telah berkembang menjadi suatu daerah positip.

Dalam upaya untuk meningkatkan tingkan keberhasilan pemboran eksplorasi di Celah Timor, bulan Januari-Maret 1993 telah dilaksanakan penyelidikan Penampang Seismik Kerak Dalam (Deep Crustal Seismic Profile) TST-93 dengan maksimum penetrasi sebesar 16 detik (dua arah).

Ekspedisi TST-93 dilaksanakan sebagai kerjasama penelitian untuk menunjang kegiatan eksplorasi migas, antara Australian Geological Survey Organization (AGSO) dan Pusat Pengembangan Geologi Kelautan (PPGL).

Disamping itu pada tahun 1992 juga telah dilaksanakan Ekspedisi Deep Seismic Profile BIRPS, yang merupakan kerjasama antara Cambridge University dengan PPGL.

Lintasan dip lines TST dan dua lintasan BIRPS telah digunakan untuk menafsirkan pola struktur (structural styles) dan pengendali mekanismenya dalam membentuk lereng benua di tepian utara Sahul Platform.

Daerah yang diselidiki terbentuk sebagai akibat adanya “underthrusthing” tepian benua Australia ke utara terhadap komplek akarasi Timor.

Sekuen rift-drift Mesozoik sistem tepian benua Australia dapat diikuti di bawah komplek akrasi, dimana terdapat perlipatan kuat dari sedimen Mesozoik-Tersier dalam lembaran imbrikasi (imbricated sheet), yang dibatasi oleh dua sesarnaik (thrust fault).

Empat pola struktur dapat dibedakan di baratlaut dari sistem lereng benua:

(1) Sesar berhubungan dengan rifting Mesozoik;

(2) Sesar berumur Paleogen-Miosen, merupakan reaktivasi dari struktur yang sebelumnya telah berkembang;

(3) Punggungan antiklin (anticlinal ridge) dibatasi oleh dua sesar (inversi); dan

(4) Struktur sesar normal (sintetik dan antitetik) berhubungan dengan fenomena fleksur ekstensi (extensional flexure).

Struktur Sahul Graben merupakan suatu struktur yang signifikan di bawah “slope break” timurlaut Zona A. Sedangkan struktur inversi labih dominan pada bagian baratlaut Zona A Celah Timor.

Adanya indikasi gas pada sumur-sumur Sunrise dan Troubador dan rembesan migas di pantai selatan Timor Timor menunjukkan bahwa proses pemasakan (dapur) hidrokarbon telah berlangsung.

Disamping tipe play yang konvensional (horst-graben pada reservoir batuan Mesozoik), maka alternatif tipe play migas lainnya adalah punggungan antiklin yang merupakan struktur inversi.

Disamping itu juga sekuen karbonat tepian paparan (carbonate shelf margin) Miosen, di dekat “shelf break”.

Tinggalkan komentar